Selasa, 06 September 2011

Cara Membuat EM4

Saat ini untuk mempercepat proses pembuatan pupuk baik padat maupun cair sering digunakan starter yang biasa kita sebut dengan istilah EM-4 (efective microorganisme). Banyak cara untuk membuat Effective Microorganism atau "mikroba efektif" tersebut. EM-4 merupakan Penemuan yang sangat berharga untuk pertanian, awalnya adalah orang Jepang, bernama Teruo Higa pada tahun 1970 dan kini mulai banyak diterapkan oleh para petani modern. Karena saat ini terbukti pupuk kimia sintesis sangat berdampak buruk untuk lingkungan khususnya untuk kesuburan tanah itu sendiri dan untuk kesehatan manusia yang mengkonsumsi makanan dan pupuk organik/alami ternyata sangat ramah lingkungan dan tidak berbahaya bagi yang mengkonsumsi makanan hasil pertanian dengan mengunakan pupuk organik.
Berikut langkah-langkah membuat EM-4

Bahan-bahan :

• Sampah sayur, terutama kacang-kacangan
• Kulit buah-buahan (papaya, pisang, rambutan, mangga, dsb.)
• Bekatul, secukupnya
• Gula merah, sedikit saja
• Air beras, secukupnya
Cara membuat:
1. Sampah sayur, kulit buah-buahan dan bekatul dicampurkan. Tempatkan di dalam sebuah tempat khusus misalnya ember atau penampung yang lain dan tutup.
2. Sampah yang telah dicampur pada proses no 1 diaduk, biarkan selama satu minggu sampai membusuk sehingga menjadi EM1. Ditengarai dengan angka 1 karena inilah cairan mikroorganisme yang terbentuk setelah mengalami dekomposisi selama satu minggu.
3. Cairan EM1 dicampur dengan sampah sayur dan kulit buah-buahan. Kemudian didiamkan lagi selama satu minggu. Cairan baru yang terbentuk disebut dengan EM2.
4. Cairan EM2 dicampurkan dengan bekatul, gula merah dan air beras. Dan didiamkan lagi selama satu minggu sehingga menjadi EM3.
5. Diamkan lagi selama satu minggu tanpa menambahkan apa-apa. Cairan itu telah menjadi EM4 DAN SIAP DIGUNAKAN

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar